Feb 6 2016

Wisata Alam Bongo, Desa Cantik Bagai Dari Serpihan Mimpi

Wisata alam bongo, desa cantik bagai dari serpihan mimpi – Bongo adalah sebuah desa kecil yang telah mengalami perubahan dengan penuh keajaiban, desa terpencil pinggir pantai yang kini menjadi desa mandiri dan mempesona. Tepat dari daerah desa ini adalah diapitnya oleh dua bukit kecil yang disebut dengan gunung tidur serta dihadapkan dengan teluk Tomini membiru.

Akses yang dapat Anda lalui menuju tempat wisata ini kini tidak terlalu sulit, karena jalanan yang meliuk dibukit kapur kini sudah jadi beraspal dan nyaman untuk dilalui. Cukup menempuh waktu 20 menit saja dari pusat Gorontalo, namun jika memang Anda adalah seorang traveling mungkin Anda bisa mencoba menggunakan perahu untuk bisa menikmati pemandangan yang sungguh menawan di Gorontalo dari arah laut Tomini.

Bongo 1

Desa Bongo bisa dikatakan sebagai Desa yang genit bagai negeri dari serpihan mimpi, selain dari keindahan alamnya yang mempesona. Desa Bongo juga masih menjaga budaya dari leluhur yaitu selalu melaksanakan upacara walima disetiap Maulid Nabi Muhammad SAW.

Bahkan di Desa kecil yang cantik ini juga terdapat pondok yang diberi nama Wombohe. Tempat ini sering digunakan sebagai tempat bersantai untuk menikmati keindahan Desa Bongo, udara yang segar dan suasana tenang sangat pas sebagai tempat beristirahat dan bersantai.

Bongo 2

Fosil kayu jutaan tahun lalu juga dapat disaksikan di Bongo. Fosil ini adalah sifat perjalanan Gorontalo sendiri. Pengunjung dapat melihat beribu fosil dan menyerap informasi tentang objek tersebut. Oleh karena itu ada papan penjelasan yang menerangkan terjadinya fosil di Gorontalo.

Baca juga: Danau di atas laut ini bisa bikin kita bilang WOW

Bongo kini memiliki gaya ciri khas sendiri. sumur Old dibersihkan lagi, setiap kelahiran calon Olongia dimandikan, tradisi yang masih dipertahankan sejak tahun yang lalu. Dalam sumur ini juga perhatikan posisi permukaan laut.

Sebaliknya, mantan pertahanan bawah tanah masa lalu telah berubah menjadi sebuah mushola yang dindingnya digantungi dengan berbagai budaya tanah Gorontalo itu.

Ada 2 kamar dengan udara dingin disediakan untuk tamu yang menginap.

Ada pria yang ramah siap untuk membawa pengunjung ke bagian lain di desa Bongo. Bahkan, Anda bisa minta untuk diantarkan puncak bukit yang terdapat sebuah masjid Walimatulurus Gold.

Bongo 3

Di masjid ini mata bisa menyapu semua arah mata, ada teluk biru Tomini, punggungan bukit berbaris, lingkungan perkampungan yang damai dan melihat liukan jalan diantara punggung bukit.

Menariknya, di puncak bukit kapur ini memang banyak kolam, dapat digunakan oleh siapa saja secara gratis.  Bahkan Masjid Walima Emas pun sekelilingnya adalah kolam yang sejuk!

Jelas sedikit aneh karena di puncak bukit batu kapur yang gersang ada kolam di mana air mengalir sepanjang tahun. Ini adalah rahmat Allah untuk Bongo yang ramah dan taat.

Baca juga: Gili Trawangan – Si Populer Di Lombok Bak Surga Wisata

Lama sebelum Indonesia ada, di dalam Bongo adalah pusat Linula Bubohu itu. Linula merupakan wilayah otonom berdasarkan hubungan suku.

Bubohu adalah satu nama antara ratusan Linula Linula di Amerika Hulondalo (Gorontalo) yang dimulai sejak 1750 dengan Olongia (pemimpin) pertama Hilalumo Amay.

Pada 17 April 1889, pemerintah kolonial Belanda mengeluarkan beslit tentang penghapusan kekuasaan kerajaan dan membagi Bubohu di beberapa desa. Raja terakhir yang memimpin Bubohu adalah Botutihe yang memerintah antara 1884-1902.

Jelas akan banyak sekali kenangan yang akan Anda dapatkan dari Bongo ini. Jadi kapan Anda akan mengunjunginya ?

  • 5 Gerai McDonald’s Paling Unik di Dunia

    Pasti sering dong yah merasa kelaparan saat diluar rumah? kebanyakan orang suka melampiaskannya ke gerai-gerai atau restoran cepat saji yang udah mereka...

  • Cari Tahu Disini Yuk 5 Universitas Paling Angker di Indonesia

    Perkuliahan pada umumnya memang menjadi sesuatu yang paling bahagia bagi para mahasiswanya. Kegiatan asyik, teman-teman yang dewasa tambah seru, pacar dewasa dan...

  • Romantisme Senja di Hutan Mangrove Pantai Congot

    Hutan mangrove pantai congot ini merupakan salah satunya di Yogyakarta. Sehingga tidak heran kalau hutan mangrove pantai congot ini menjadi daya tarik...

  • 5 Cara Ampuh Agar Cuti Liburanmu Disetujui Bos

    Cuti merupakan hal yang sebenarnya menjadi hak yang wajib dimiliki oleh semua karyawan di dunia ini. Istilah cuti bisa menjadi salah satu...