Oct 15 2015

Tips Yang Harus Diperhatikan Sebelum Travelling

Pergi berwisata atau travelling merupakan kegiatan yang menjadi keinginan setiap traveller, atau bagi Anda yang hanya sekedar ingin melepas penat rutinitas sehari-hari yang melelahkan.

travel-ijomudaTujuan wisata kemana akan pergi menentukan apapula yang harus disiapkan sebelum Anda lekas pergi. Banyaknya tempat travelling mulai dari yang bernuansa alam, budaya, permainan ekstrim, pembelajaran atau bahkan kuliner. Oleh karena itu, ada beberapa hal harus disiapkan dan dikemas secara cerdas untuk mendukung kesenangan dan keamanan sebelum Anda pergi bertravelling.

Tips yang harus diperhatikan sebelum travelling

Berikut adalah beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum pergi travelling, khususnya bagi Anda yang baru pertama kali bepergian untuk berpetualang. Sebagai berikut:

Siapkan itinerary
Itinerary merupakan panduan yang Anda susun sendiri untuk acuan apa yang harus dilakukan, jadwal, urutan, keuangan, langkah yang harus dijalani pada saat melakukan travelling. Bahkan keuntungan dari membuat itinerary dapat membantu Anda untuk mengirit keuangan karena apa yang akan dilakukan sudah dicatat sebelumnya.

Travel-ijomudaSelain itu, tidak perlu lagi bingung untuk tujuan kemana Anda akan pergi, karena tujuan dari tempat A ke B sudah dicatat secara rinci pada itinerary. Manfaat lainnya dari itinerary adalah menjaga traveller tidak tersasat atau melenceng jauh dari apa yang sudah di rencanakan. Bagi Anda yang sudah berpengalaman mungkin tidak memerlukan itin, traveller yang berpengalaman hanya perlu nekat untuk mencari kesenangan dari travelling.

Siapkan atau cek reservasi hotel, transportasi dan akomodasi lainnya
Pastikan kembali reservasi hotel, bis, kereta atau pesawat Anda sudah fix atau tidak ada yang gagal. Jangan sampai kekeliruan mengganggu kenyamanan dan kesenangan Anda dalam melakukan perjalanan wisata. Jika mungkin Anda melakukan perjalanan tersebut bekerjasama dengan biro wisata, maka sangat mudah untuk memastikan persiapan akomodasi selama perjalanan travelling, hubungi admin biro wisata untuk memastikan kelengkapan Anda.

Kemas barang dan pakaian secara cerdas

travel-ijomuda

Disini merupakan hal terpenting harus diperhatikan, jika Anda asal membawa barang atau segala macam barang dibawa jngan harap travelling Anda menyenangkan. Apakan ingin bepergian dengan ransel atau koper yang super double ? jelas itu akan sangat mengganggu.

Sebelum melakukan pengemasan barang, ada baiknya Anda mencatat apa saja yang harus disiapkan. Bawa barang dan pakaian secukupnya dan kemas secara rapi dalam ransel atau koper supaya tidak berantkan pada saat diperjalanan. Bawalah pakaian yang sesuai dengan cuaca dan nuansa tempat travel pada saat itu, jangan bawa pakaian yang hanya untuk bergaya gaya saja. Cek barang yang penting sebelum berankta travelling seperti, dompet dan isinya, obat-obatan apabila perlu, pakaian santai, sandal/spatu, handphone/media lainnya dan tanda pengenal/identitas harus dipastikan siap.

Mengisi penuh batrai gadget
fotoMedia yang mampu mengabadikan pada saat disana jelas harus dipastikan aman, tidak boleh ketinggalan atau habis batrai. Untuk itu charger gadget seperti handopne, kamera, laptop atau media lainnya yang perlu dibawa, jika perlu sediakan batrai ganda atau yang kita kenal sebagai powerbank. Karena pastinya Anda tidak ingin gadget atau kamera mati pada saat berfoto untuk mengabadikan moment tersebut.

Bawa bekal makanan dan minuman secukupnya
Rasa lapar saat perjalanan mungkin saja Anda rasakan tiba-tiba, bawalah makanan atau sekedar camilan seperti kripik atau roti manis dan air putih yang sangat cocok dijadikan teman perjalanan dan pengisi perut lapar saat perjalanan travelling.

Selain itu, membawa bekal makanan juga dapat membantu Anda dalam mengirit pengeluaran uang dilokasi traveling, dan berjaga-jaga jika travelling Anda jauh dari tempat yang menjual makanan. Jika bekerjasama dengan biro wisata biasanya sudah disiapkan makanan dan minuman dari pihak biro wisata, namun membawa bekal camilan tidak ada salahnya untuk menemani perjalan travelling.

Cek kondisi cuaca
Cuaca adalah penentu kepuasan Anda dalam berwisata. Cek kondisi cuaca sebelum pergi bisa dilakukan dari ponsel atau saluran televisi maupun radio, dengan taunnya kondisi cuaca saat itu Anda bisa menyiapkan pelengkap lainnya seperti kacamata hitam jika cuaca panas dan jaket jika cuaca dingin dan hujan.

Jaga kesehatan
Kegiatan apapun akan lebih baik jika didasari dengan kondisi badan yang sehat dan fitt. Usahakan persiapkan kesehatan diri beberapa hari sebelum berangkat travelling, siapkan multi vitamin yang mampu menunjang kesehatan saat bepergian. Apabila mempunyai penyakit khusus, pastikan selalu siap obat dan simpan dilokasi ransel yang mudah di jangkau saat penyakit Anda kambuh.

Itulah beberapa tips dalam menyiapkan perjalanan travelling. Semoga catatan keperluan diatas dapat membantu dan membuat Anda nyaman serta senang saat melakukan travelling. Termia kasih.

  • Cari Tahu Disini Yuk 5 Universitas Paling Angker di Indonesia

    Perkuliahan pada umumnya memang menjadi sesuatu yang paling bahagia bagi para mahasiswanya. Kegiatan asyik, teman-teman yang dewasa tambah seru, pacar dewasa dan...

  • 5 Cara Ampuh Agar Cuti Liburanmu Disetujui Bos

    Cuti merupakan hal yang sebenarnya menjadi hak yang wajib dimiliki oleh semua karyawan di dunia ini. Istilah cuti bisa menjadi salah satu...

  • Tips Berkemas Sebelum Berangkat Travel

    Ada rencana untuk pergi berlibur,? Jika iya, berikut ini ada beberapa tips berkemas sebelum berangkat travel yang perlu Anda ketahui, yakni tentang...

  • Informasi Traveling ke Brasil Saat Olimpiade Rio 2016

    Bagi anda yang berencana untuk melakukan traveling ke brasil saat sedang olimpiade, anda wajib untuk membaca dulu artikel Informasi Traveling ke Brasil...