Apr 16 2016

Tips Merencanakan Liburan Asyik Bersama Keluarga

Tips merencanakan liburan asyik bersama keluarga memang sangat penting. Liburan merupakan hal yang sangat disukai setiap orang khususnya anak-anak. Liburan dapat menjadi moment istimewa bagi setiap orang, apalagi jika liburan tersebut adalah liburan akhir tahun yang selalu di nant oleh anak-anak.

Meskipun liburan yang Anda lakukan tidak seperti liburan akhir tahun, namun liburan adalah suatu moment atau kesempatan bagi Anda untuk melepas penat rutinitas sehari-hari, apakah itu pekerjaan sehari-hari atau rutinitas sekolah pada anak-anak.

Tips merencanakan Liburan Asyik Bersama Keluarga

Supaya liburan semakin terasa asyik dan menyenangkan, pastinya memerlukan persiapan yang matang dan baik. Satu yang harus Anda ingat, bahwa perencanaan bukan saja tentang supaya lancar diperjalanan dan menyenangkan, namun juga untuk menghindari sesuatu yang tidak di inginkan. Sebagai orang tua yang baik, pasti Anda tidak ingin jika terjadi sesuatu kepada keluarga Anda tersayang.

Berikut Adalah Tips Merencanakan Liburan Asyik Bersama Keluarga:

1. Ajaklah anak-anak untuk berdiskusi dan memilih lokasi liburan yang mereka inginkan. Dan sebaiknya Anda sebagai orang tua jangan membatasi tempat wisata yang akan dipilih anak-anak, hal tersebut dapat membantu untuk memberikan pengalaman hidup berarti bagi kehidupannya nanti. Dan tempat yang belum dikunjungi sebelumnya pasti akan lebih menyenangkan karena berlibur dengan nuansa baru.

Baca juga: Bali zoo park, wisata kebun binatang yang unik & mengasikan

2. Setelah lokasi terpilih, Anda sebagai orang tua wajib observasi tempat wisata tersebut, apakah itu jalan utama dan jalan alternatif, objek wisata apa sajakah yang ada disana, tempat kuliner, sampai kondisi sosial budaya lingkungan sekitar. Anak memiliki indra ingatan yang masih tajam, jangan sampai perjalanan kilat itu membuatnya berfikiran lain-lain. Anda bisa mencari informasi dengan menggunakan internet atau bertanya kepada teman dan kerabat.

3. Perencanaan ini juga dapat menghemat pengeluaran biaya liburan. Pastikan kemana saja Anda pergi, dan konsisten dengan perencanaan yang Anda buat sendiri. Sebagai langkah penghematan biaya, Anda bisa memanfaatkan informasi internet mengenai paket wisata, jika Anda beruntung mungkin saja Anda bisa mendapatkan diskon promo di waktu itu.

Harus Anda ketahui, jika Anda berwisata pada saat liburan sekolah, Akan banyak sekali biro wisata travel yang memberikan penawaran murah untuk rombongan keluarga. Bahkan, tidak jarang juga ada biro wisata yang memberi kebebasan kepada konsumen untuk memilih sendiri tujuan wisata dalam satu paket, dan biaya akan dikalkulasikan oleh biro wisata sendiri, namun biasanya jenis paket ini akan lebih murah dibandingkan jika Anda berangkan sendiri.

4. Jika memang Anda ingin pergi tanpa memanfaatkan biro wisata travel, mungkin Anda bisa merencanakan pilihan lain dengan keluarga untuk menghemat biaya dan supaya liburan tetap asik. Misalnya dengan memilih tiket promo pada waktu itu, paket tiket dapat Anda cari tahu di internet dengan cepat, juga memilih hotel yang memiliki arena bermain anak-anak serta paket antar jemput di lokasi dan dekat dengan tempat wisata. Hal seperti ini dapat Anda cari di penulusuran internet. Karena di jaman sekarang ini, pelaku bisnis telah menyiapkan situs yang memberi layanan online yang lebih hemat kepada konsumen.

5. Menjaga ketentraman Anda di perjalanan, jika membawa kendaraan sendiri pastikanlah kendaran Anda dalam keadaan sehat. Untuk mengantisipasi mogok dijalan, service-lah sebelum melakukan perjalanan dan minta kepada montir untuk di cek sedetail mungkin. Jika perlu, lengkapilah kendaraan Anda dengan fasilitas tontonan tv atau musik supaya perjalanan dapat terasa lebih mengasikan.

Baca ini juga: 3 cara ini, bisa bikin liburan kamu makin hemat uang lho !

6. Siapkan kebutuhan anak selama liburan, dan bawa yang penting saja. Seperti obat-obatan, pakaian bermain, peralatan mandi anak dan jika perlu bawalah video game supaya anak-anak tidak merasa jenuh ketika diperjalanan. Atau Anda bisa mengajak baby sister untuk membantu merawat anak supaya Anda tidak terlalu sibuk mengurusi keluarga.

7. Bawalah makanan dan minuman ringan untuk camilan diperjalanan. Mungkin saja Anda menempuh jalan yang tidak melewati rumah makan atau minimarket, membawa camilan juga salah solusi menghemat biaya, karena makanan yang dijual di tempat wisata biasanya memiliki harga yang lebih mahal.

Itulah beberapa tips merencanakan liburan asyik bersama keluarga yang dapat memberikan pengalaman wisata yang menyenangkan. Wisata yang berkesan dan menyenangkan mungkin selalu saja berkaitan dengan biaya mahal, namun jika kita pandai dalam mengambil kesempatan, semua itu tetaplah murah dan mengasikan. Dan liburan yang berkesan juga menyenangkan akan memberi fikiran positif kepada anak-anak.

  • Cari Tahu Disini Yuk 5 Universitas Paling Angker di Indonesia

    Perkuliahan pada umumnya memang menjadi sesuatu yang paling bahagia bagi para mahasiswanya. Kegiatan asyik, teman-teman yang dewasa tambah seru, pacar dewasa dan...

  • 5 Cara Ampuh Agar Cuti Liburanmu Disetujui Bos

    Cuti merupakan hal yang sebenarnya menjadi hak yang wajib dimiliki oleh semua karyawan di dunia ini. Istilah cuti bisa menjadi salah satu...

  • Tips Berkemas Sebelum Berangkat Travel

    Ada rencana untuk pergi berlibur,? Jika iya, berikut ini ada beberapa tips berkemas sebelum berangkat travel yang perlu Anda ketahui, yakni tentang...

  • Informasi Traveling ke Brasil Saat Olimpiade Rio 2016

    Bagi anda yang berencana untuk melakukan traveling ke brasil saat sedang olimpiade, anda wajib untuk membaca dulu artikel Informasi Traveling ke Brasil...