Jan 26 2016

Tips Aman Mendaki Gunung Bagi Para Pemula

Tips Aman Mendaki Gunung Bagi Para PemulaTravel.ijomuda.com – Kegiatan naik gunung memang menimbulkan sensasi yang luar biasa, dimana anda akan memacu adrenalin dengan melawati hutan belantara dan berdiri di atas awan. Namun untuk anda para pemula, ada beberapa hal yang harus diperhatikan sebelum anda mendaki gunung agar dalam kondisi yang aman.

Terkadang melihat para pendaki saat mendaki gunung membuat perasaan iri, dan terlihat tidak terlalu sulit melewati setiap jalur pendakiannya. Namun dibalik itu, ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Perlu persiapan matang sebelum melakukan pendakian yang aman.

Seperti dilansir, travelijomuda.com. Ada beberapa tips aman mendaki gunung bagi para pemula yang harus diperhatikan demi keselamatan dan kenyamanan anda saat melakukan pendakian. Simak ulasannya :

1. Mempersiapkan Fisik

Sebelum anda melakukan pendakian, hal pertama yang haru anda perhatikan adalah kondisi fisik anda. Maka dari itu para traveler pemula yang mau mendaki gunung harus mempersiapkan fisik dengan melatihnya. Melakukan pendakian ke gunung dengan ketinggian berapapun, mempersiapkan fisik sangat penting, minimal anda melakukan jogging sebulan 4 kali sebelum pendakian di mulai. Hal ini untuk membiasakan otot-otot terlatih dan terbiasa, sehingga memperkecil cedera saat mendaki.

2. Istirahat Yang Cukup

Terkadang hal pertama dalam hidupmu membuat anda merasakan antusias yang tinggi dan tidak sabar untuk segera melakukannya hingga sampai istirahat terganggu. Bagi para pemula, melakukan pendakian gunung harus memperhatikan kondisi fisik dan mental. Oleh karena itu istirahat yang cukup akan membantu tubuh anda senantiasa fit dan segar. Anda bisa mengatur waktu untuk istirahat, dengan begitu energi yang ada dalam tubuh bisa terpenuhi dan anda akan dalam kondisi fit serta bugar.

3. Bawalah Perlengkapan Secukupnya

Saking semangatnya pertama kali mau mendaki gunung, bukat tidak mungkin anda akan mempersiapkan perlengkapan dan bekal agar pendakian berjalan aman dan lancar. Namun perlu diperhatikan juga, bawalah perlengkapan secukupnya. Jangan sampai anda memenuhi keril anda dengan hal-hal yang sebenarnya tidak perlu dibawa dan malah menambah beban bawaan anda. Anda bisa meminta saran pada kawan anda tentang barang bawaan anda agar isi keril anda tidak over dan tidak mubazir.

Baca juga : Pesona Alam Golden Sunrise Yang Mempesona di Puncak Gunung Indonesia

4. Memilih Tas Keril Yang Tepat

Pemilihan tas keril yang tepat saat mendaki merupakah hal yang sangat berpengaruh ketika anda mendaki gunung. Tas keril sendiri memiliki kapasitas bermacam-macam, dimulai dari 30 liter hingga 100 liter. Untuk itu pilih keril dengan kepasitas yang benar-benar cocok dengan lama pendakia dan kebutuhan mendaki anda. Jangan lupa melapisi setiap barang bawaan anda dengan plastik untuk mengantisipasi hujan. Selain itu juga anda harus pandai mempacking barang bawaan anda dengan benar, ingat barang bawaan yang anda perlukan saat perjalanan seperti jas hujan, senter, makanan simpan di atas dan untuk perlengkapan saat kemah seperti sleeping bag, tenda simpan dibawah. Selain itu juga usahakan posisi keril berada di atas pinggul agar anda bisa berjalan dengan baik.

5. Hindari Penggunaan Celana Jeans

Bagi para pemula, ingat hindari penggunaan celana jeans saat mendaki. Hal ini bertujuan untuk tidak memberikan beban pada saat anda mendaki. Terutama waktu hujan, celana jeans sangat lama kering dan otomotis akan memberikan beban kepada anda saat berjalan sehingga membuat ketidaknyamanan. Pilihlah celana dengan bahan yang tipis dan mudah kering yang sudah banyak dijual di toko-toko perlengkapan gunung.

6. Jangan Malu Untuk Istirahat

Para traveler pemula yang akan melakukan pendakian ketika anda mengalami kelelahan jangan malu untuk istirahat. Jangan sampai memaksakan diri untuk terus lanjur berjalan, karena hal ini dapat membahayakan kondisi kesehatan anda dan nantinya membuat repot teman mendaki anda.

7. Jangan Buang Sampah Sembarangan

Hal yang perlu diperhatikan juga bagi siapa saja para pendaki gunung, terutama pendaki pemula yaitu jangan buang sampah sembarangan. Kita tidak boleh hanya ingin melihat pemandangan yang indah saja, namun juga memperhatikan kebersihan dari gunung tersebut. Sebagai pendaki kita bertanggung jawab atas kebersihan disepanjang jalur yang kita lewati. Karena dampak dari sampah akan merusak keindahan dan kenyamanan gunung tersebut.

  • Tips Memilih Tempat Wisata Keluarga Setelah Lebaran

    Tips memilih tempat wisata keluarga setelah lebaran memang harus di pertimbangkan dengan sangat baik. Masa liburan setelah lebaran adalah moment yang sangat...

  • “Gokil” Bro ! Berlayar di Darat Dengan Kecepatan 120km/jam !

    “Gokil” Bro ! berlayar di darat dengan kecepatan 120km/jam !. Apa kamu pernah nyoba berlayar di laut ? Kalo uda pernah, pasti...

  • Cara Terhindar Hipotermia Ketika Berada Di Gunung

    Cara Terhindar Hipotermia Ketika Berada Di Gunung – Hipotermia merupakan salah satu bahaya yang sering menghantui para pendaki gunung dan para pencinta...

  • Rasakan Sensasi Liburan Extreme Dengan Sewa Trail di Bromo

    Rasakan sensasi liburan extreme dengan sewa trail di bromo || Hai travelers Ijomuda. Berbicara tentang Bromo, berarti sedang membicarakan keindahan alam yang...