Oct 24 2015

Siapkan Itinerary Sebelum Memulai Travelling

Siapkan Itinerary Sebelum Memulai Travelling || Itinerary atau rencana perjalanan yang sangat penting untuk disiapkan sebelum melakukan travelling. Mungkin bagi Anda yang masih jarang melakukan perjalanan tampaknya heran jika harus menyiapkan itinerary.

Siapkan Itinerary Sebelum Memulai Travelling

Apa itu itinerary, apakah penting sampai harus disiapkan sebelum memulai kegitan ? itinerary adalah catatan informasi yang dibuat sendiri oleh traveller, isi catatan tersebut berupa rute perjalanan, kapan harus sampai, berapa lama dilokasi tersebut, kemana lagi harus pergi, apa saja yang harus di bawa dan apa yang harus di beli nanti saat dilokasi wisata.

Sangat penting untuk membawa dan membuat itinerary sendiri, selain menjadi acuan apa yang harus dilakukan, Andapun dapat mengatur waktu supaya tempat wisata yang terkenal dapat Anda kunjungi semua. Jika saja tidak ada catatan seperti itinerary mungkin Anda akan lupa atau bahkan tidak tau tempat yang harus di kunjungi yang mungkin lebih menarik dan bermanfaat dari pada tempat sebelumnnya.

Cara Membuat Itinerary Yang Benar

Catatlah apa saja yang sekiranya dapat dilakukan dilokasi tujuan Anda, jangan lupa masukan catatan anggaran supaya Anda dapat mengira-ngira berapakah bajet uang yang harus dibawa.

Tujuan Travelling
Mencatat tujuan perjalanan dapat meliputi berbagai kegiatan lainnya, namun ada hal yang lebih penting dari pada tujuan tersebut yaitu biaya yang akan dikeluarkan. Semakin jauh perjalanan maka semakin besar pula bajet yang harus dikeluarkan, atau mungkin sebaliknya, tujuan dekat jadi mahal dan tujuan jauh menjadi murah.

Semua itu disebabkan karena tidak adanya riset sebelum pergi travelling, manfaat itinerary adalah mencatat hasil riset yang sudah dilakukan dengan cara langsung atau informasi yang didapat dari internet. Dalam catatan tujuan travelling pastinya berlanjut terhadap apa saja yang akan dilakukan disana.

Buatlah Acuan Kegiatan Selama Dilokasi Travelling
Misalnya Anda berlibur dilokasi tersebut selama empat hari, maka buatlah catatan kegiatan disetiap hari tersebut. Hari pertama Anda akan pergi kemana saja, untuk melakukan apa, catat bajet yang harus dikeluarkan untuk tranportasi atau tiket wiasata dan makan selama dilokasi.

Buat catatan seperti itu untuk hari berikutnya. Patikan rute catatan tersebut sudah Anda riset sebelumnnya, sehingga akan puas sampai teravelling di hari terakhir.

Timming
Catatan ini tidak kalah penting, catat ini dapat dilakukan jika Anda sudah melakukan riset atau observasi lokasi travelling. Masukan catatan waktu dalam itin kegiatan travelling, berfungsi untuk mengatur durasi Anda bermain.

Perlu Anda ingat, jangan membuat waktu yang terlalu memaksakan misal dengan tujuan yang terlalu padat, sehingga waktu untuk menikmati tempat wisata hanya beberapa menit saja. Buat perencanaan waktu yang pas, anda bukan militer tapi Anda adalah backpacker.

No Telepon Teman Atau Kerabat
Catatan no telepon akan sangat membantu jika Anda dalam keadaan darurat. Jangan sepelekan catatan ini, pasti akan berguna jika ada hal yang tidak diinginkan.

Jangan membuat itinerary yang terlalu padat, buat jadwal travel Anda senyaman mungkin. Perhitungkan jarak tempuh dari lokasi satu kelokasi lainnya, kunjungi jika memang sempat untuk dikunjungi. Jangan membuat catatan terlalu padat karena ingin mengunjungi semua lokasi, karena perlu diingat tujuan travelling adalah melepas penat, stres dan menciptakan suasana baru yang begitu nyaman. – Travel.ijomuda.com

  • Tips Merencanakan Liburan Asyik Bersama Keluarga

    Tips merencanakan liburan asyik bersama keluarga memang sangat penting. Liburan merupakan hal yang sangat disukai setiap orang khususnya anak-anak. Liburan dapat menjadi...

  • 3 Cara Ini, Bisa Bikin Liburan Kamu Makin Hemat Uang Lho !

    3 cara ini, bisa bikin liburan kamu makin hemat uang lho ! – Uang, merupakan hal yang pertama yang harus kita miliki....

  • Ini Tips Hangat Kalo Mau Travelling ke Tempat Dingin

    Travel-ijomuda || Berlibur saat musim dingin memang menjadi incaran bagi beberapa orang, sengaja pergi jauh ke negeri sebrang untuk mendapatkan pengalaman yang...