Jan 14 2016

Ini Dia Letusan Gunung Api Paling Mengerikan di Indonesia

Ini Dia Letusan Gunung Api Paling Mengerikan di Indonesia – Negeri merah putih ini memang sudah dikenal luas dengan mempunyai banyaknya gunung api yang masih aktif. Hampir semua pulau di Indonesia mempunyai gunung api yang masih aktif hingga sekarang. Beberapa diantaranya sangatlah berbahaya sekali, karena Indonesia terletak pada jalur Cincin Api Pasifik.

BACA : 5 Alasan Ini Akan Membuat Anda Tidak Boleh Naik Pesawat

Beberapa tahun kebelakang gunung api yang aktif di Indonesia banyak yang meletus. Dampak dari itu semua, bencana alam langsung bermunculan dan tidak sedikit orang yang meninggalkan dunia ini. Dan di bawah ini kami telah menyajikan gunung-gunung yang ledakannya sangat amat mengerikan, berikut adalah daftarnya.

Gunung Samalas

1 samalas

Gunung ini mungkin terdengar asing ditelinga anda semua. Kenapa begitu? karena gunung ini telah hancur akibat erupsinya sendiri. Dan pengganti dari gunung ini adalah Gunung Rinjani yang pastinya terdengar begitu familiar. Gunung Samalas erupsi pada sekitar tahun 1257. Dan itu memuntahkan sekitar 10 mil kubik batu ke atmosfer bumi.

Gunung Tambora

2 tambora

Gunung yang terletak di Sumbawa ini masuk ke dalam cacatan sejarah sebagai letusan terdahsyat di dunia. Gunung ini meletus pada tahun 1815. Saking hebatnya, letusan gunung ini bisa disamakan dengan ratusan ribu bom atom yang meladak bersama. Korban jiwa akibat ledakan gunung ini sekitar 71.000 orang. Selain Indonesia, beberapa negara di belahan bumi bagian utara tidak mengalami musim panas akibat ini, dan naasnya negara bagian selatan eropa harus diserang wabah typus.

Gunung Merapi

3 merapii

Mbah Maridjan. Ia adalah sosok nyentrik sang juru kunci yang meninggal saat meletusnya gunung ini pada tahun 2010. Wedhus Gembel merupakan fenomena mengerikan yang terjadi setelah gunung merapi meletus. Pada erupsi tahun 2010, korban jiwa akibat letusan gunung merapi ini sekitar 153 orang dan 320.000 warga lainnya harus rela kehilangan tempat tinggalnya.

Gunung Krakatau

4 krakatau

Letusan mengerikan gunung ini terjadi pada tanggal 26-27 Agustus 1883. Ledakan mengerikan dari gunung ini menyebabkan bencana besar di daerah seperti Banten. Tidak sedikit warga yang meninggal karena terkena muntahan material batuan panas. Gelombang Tsunami mengerikan pun tidak terelakan lagi datangnya. Perubahan iklim dunia terjadi akibat dari erupsi gunung krakatau. Gunung anak krakatau pun lahir tidak lama setelah meletusnya gunung krakatau.

Gunung Kelud

5 kelud

Gunung yang berada di pula jawa ini merupakan gunung yang sangat dihormati oleh kerajaan majapahit hingga kediri dahulu kala. Gunung kelud meletus pada tahun 2014, dampak dari itu semua, beberapa kota besar di pulau jawa mengalami bencana alam. Korban jiwa sangat sedikit karena sebelumnya telah dievakuasi ke tempat yang lebih aman oleh regu penyelamat bencana alam.

Writter article by : Raka Kakuk & Travel Ijomuda

  • 5 Gerai McDonald’s Paling Unik di Dunia

    Pasti sering dong yah merasa kelaparan saat diluar rumah? kebanyakan orang suka melampiaskannya ke gerai-gerai atau restoran cepat saji yang udah mereka...

  • Cari Tahu Disini Yuk 5 Universitas Paling Angker di Indonesia

    Perkuliahan pada umumnya memang menjadi sesuatu yang paling bahagia bagi para mahasiswanya. Kegiatan asyik, teman-teman yang dewasa tambah seru, pacar dewasa dan...

  • Romantisme Senja di Hutan Mangrove Pantai Congot

    Hutan mangrove pantai congot ini merupakan salah satunya di Yogyakarta. Sehingga tidak heran kalau hutan mangrove pantai congot ini menjadi daya tarik...

  • 5 Cara Ampuh Agar Cuti Liburanmu Disetujui Bos

    Cuti merupakan hal yang sebenarnya menjadi hak yang wajib dimiliki oleh semua karyawan di dunia ini. Istilah cuti bisa menjadi salah satu...