Jan 21 2016

5 Jembatan Terpanjang di Dunia Saat Ini

Tidak sedikit jembatan di dunia yang fungsinya hanyalah menghubungkan dua wilayah darat yang dipisahkan oleh perairan yang lebarnya tidaklah mencapai 100 m. Semakin kesini, akal dan otak manusia beriringan maju dengan teknologi. Kini manusia bisa membuat jembatan yang panjangnya mencapai kiloan meter. Dan berikut adalah daftar 5 Jembatan Terpanjang di Dunia Saat Ini seperti yang dilansir oleh Terselubung.in.

5. Jembatan Vasco da Gama (17.200 m)

5 vasco da gama

Jembatan ini merupakan jembatan yang senantiasa melintasi Sungai Tagus, yang berada di Lisbon, Portugal. Dengan panjangnya yang mencapai 17.200 m, jembatan Vasco da Gama dinobatkan sebagai salah satu jembatan terpanjang di Yurop atau Eropa. Jembatan ini secara resmi dibuka untuk umum pada tanggal 29 Maret 1998.

4. Jembatan Chesapeake Bay (24.140 m)

4 chesapeake bay

Chesapeake Bay Bridge (umumnya dikenal sebagai “Bay Bridge”) adalah jembatan rentang ganda utama di Amerika Serikat tepatnya di Maryland. Mencakup Teluk Chesapeake, menghubungkan Pantai Timur wilayah di pedalaman di negara dengan lebih ke perkotaan Western Shore. Jembatan ini dibuka pada tahun 1952 dengan panjang 4.3 mil, 24.140 m (6.9 km), jembatan paralel ditambahkan pada tahun 1973.

Baca juga : Ini Dia Letusan Gunung Api Paling Mengerikan di Indonesia

3. Jembatan King Fahd (25.000 m)

3 king fahd

The King Fahd Causeway (Jisr al-Malik Fahd) adalah serangkaian jembatan yang menghubungkan Arab Saudi dan Bahrain. Ide membangun jembatan ini didasari karena peningkatan hubungan dan ikatan antara Arab Saudi dan Bahrain. Survei kelautan mulai pada tahun 1968, dan pembangunan dimulai pada tahun 1981, terus puncaknya sampai pada tahun 1986, yang secara resmi dibuka untuk umum.

2. Jembatan Donghai (32.500 m)

2 donghai

Jembatan ini merupakan salah satu jembatan laut terpanjang di dunia sampai Jembatan Teluk Hangzhou yang dibuka pada 1 mei 2008. Jembatan Donghai dibangun pada 10 Desember 2005. Jembatan yang berada di Shanghai ini menghubungkan Shanghai di daratan dan pelabuhan laut Yangshan di RRT (Tiongkok). Jembatan ini dilengkapi dengan jembatan kabel yang bisa dilalui kapal besar dengan lebar 420 m.

1. Jembatan Lake Pontchartrain (38.442 m)

1 lake bridge

Jembatan Lake Pontchartrain merupakan sebuah penyeberangan yang terdiri dari dua paralel jembatan yang menyeberangi danau pontchartrain di selatan Louisiana, Amerika Serikat. Jembatan ini memiliki jarak 23.83 mil, 38 km atau 38.442 m. Ujung selatan jembatan ini adalah Metairie, Louisinan, pinggiran kota New Orleans. Ujung utaranya adalah Mandeville, Louisiana.

Sejak 1969, jembatan ini telah terdaftar di Guinness World Record sebagai jembatan terpanjang di atas air sedunia. Perlu anda ketahui, jembatani ini didukung oleh 9.500 tumpukan beton. Dua jembatan memiliki bascule, yang meliputi saluran navigasi yang berjarak 8 mil (13 km).

  • 5 Gerai McDonald’s Paling Unik di Dunia

    Pasti sering dong yah merasa kelaparan saat diluar rumah? kebanyakan orang suka melampiaskannya ke gerai-gerai atau restoran cepat saji yang udah mereka...

  • Romantisme Senja di Hutan Mangrove Pantai Congot

    Hutan mangrove pantai congot ini merupakan salah satunya di Yogyakarta. Sehingga tidak heran kalau hutan mangrove pantai congot ini menjadi daya tarik...

  • Lima Gua Paling Spektakuler Di Dunia

    Gua ternyata menyimpan sebuah ragam keindahaan yang luar biasa yang akan membuat mata Anda kagum dan tidak berhenti mencari. Dengan bentuk dan...

  • Pesona Air Terjun Coban Grojogan Sewu Malang Yang Memukau

    Travel.Ijomuda.com – Air terjun Grojogan Sewu Malang ini merupakan objek wisata favorit diwaktu libur tiba. Lokasi dari air terjun ini terletak 37...