Apr 29 2016

Gunung Papandayan, Wisata Alam Favorit Para Pendaki Pemula

Gunung papandayan merupakan salah satu wisata alam favorit para pendaki pemula yang berlokasi di Garut dengan memiliki ketinggian 2665 mdpl. Keindahan alam yang yang masih natural serta jalur yang ditempuh tidak terlalu lama dan berat membuat gunung papandayan ini menjadi primadona para pendaki yang baru mencoba hiking.

Panorama Indah Gunung Papandayan

Gunung Papandayan, Wisata Alam Favorit Para Pendaki Pemula

Komplek gunung papandayan ini terdapat beberapa keindahan alam yang luar biasa, dimulai dari kawah-kawah bekas letusan, serta pesona padang edelweiss yang luas serta eksotisnya hutan mati membuat daya tarik tersendiri bagi para petualang untuk menjelajahinya. Untuk memasuki gunung pepandayan ini anda harus mendaftar terlebih dahulu ke pos penjagaan, setelah itu petualangan anda akan segera dimualai.

Suasana segar khas pegunungan akan menyambut anda ketika anda sudah mulai memasuki jalur pendakian. Hijau pepohonan yang menemani anda dalam setiap perjalanan serta bau belerang khas gunung aktif menjadi salah satu tantangan tersendiri serta pemandangan asap yang dihembuskan dari kawah menjadi salah satu background foto favorit untuk berfoto ria.

Gunung Papandayan, Wisata Alam Favorit Para Pendaki Pemula

Jalur Pendakian

Trek pendakian  menuju camp perkemahan juga cukup terjal dan menanjak yang membuat tantangan tersendiri bagi para petualang, terutama bagi para pemula mungkin akan termotivasi untuk menikmati trek-trek lainnya.

Setelah sesampainya di camping graund pondok saladah anda bisa memilih tempat untuk mendirikan tenda serta memasak makanan yang hangat, dan disini juga anda dapat mengambil air dari mata air gunung papandayan yang telah tersedia. Cuaca yang akan mulai dingin ketika menjelang malam dan sangat cocok untuk menyantap makanan hangat dan meminum segelas kopi hangat sambil menikmati ketenangan dan suasana angin malam pegunungan yang tenang dan rasa lelahpun akan hilang dengan seketika.

Setalah istirahat anda bisa melanjutkan perjalanan menuju puncak gunung papandayan serta ke kawasan padang edelweis tegal alun.

Gunung Papandayan, Wisata Alam Favorit Para Pendaki Pemula

padang edelweis, tegal alun

Disini anda harus menjelajahi hutan dan sedikit menanjak serta anda juga dapat menelusuri jalur hutan mati yang sedikit mistis namun menyimpan pemandangan yang indah. Setibanya di tegal alun anda akan disuguhkan dengan padang edelweis yang luas yang menyuguhkan sebuah keindahan yang luar biasa dan menjadi primadona gunung papandayan, setelah itu anda akan tiba dipuncak gunung papandayan dan anda bisa menyaksikan pesona alam matahari terbit dan terbenam dengan hamparan hutan yang hijau dan asap kawah.

Gunung Papandayan, Wisata Alam Favorit Para Pendaki Pemula

Sunrise Gunung Papandayan

Walaupun trek pendakian gunung papandayan ini tergolong bersahabat dengan para pendaki pemula, namun anda juga harus memperhatikan perlengkapan serta membawa makanan yang cukup, terutama membawa jaket atau sleeping bag. Hal ini dikarenakan suhu malam hari di gunung papandayan sangat dingin. Dan jangan lupa setelah anda melakukan perkemahan dan pendakian di gunung mana saja, jangan sampai lupa untuk membawa kembali sampah ke tempat yang sudah disediakan di pos registrasi. Hal ini tentu sebagai bentuk bukti anda peduli dan kecintaannya terhadap lingkungan dan alam.

Transportasi Menuju Gunung Papandayan

Untuk menuju lokasi gunung papandayan, anda dapat mengambil jurusan cisurupan garut yang kurang lebih berjarak 30 km dari pusat kota dan anda akan menemukan jalan menuju ke papandayan terletak dipinggir mesjid agung cisurupan. Apabila anda naik kendaraan umum, anda bisa menumpangi mobil yang sudah tersedia di dekat mesjid untuk sampai ke tempat pendakian.

( post by. travel.ijomuda.com )

  • 5 Tempat Camping Paling Seru Di Bandung

    5 Tempat Camping Paling Seru Di Bandung – Camping merupakan salah satu aktivitas yang biasa dilakukan oleh para pencinta alam, namun sekarang...

  • 4 Perubahan Cara Traveling yang Harus Anda Lakukan

    Tahun 2016 sudah kita pijaki bersama-sama, sudahkah kalian melakukan traveling di tahun ini ? Di tahun baru ini, tidak sedikit orang yang...

  • Kopi Gesang Cafe, Tempat Ngopi Anti Mainstream Di Bandung

    Ngopi merupakan salah satu kebiasaan yang sangat digemari oleh semua kalangan. Sehingga tidak heran kalau di Indonesia banya sekali tempat-tempat ngopi, salah...

  • Ini Tips Hindari Pelecehan Seksual Saat Traveling Sendirian

    Tips hindari pelecehan seksual saat traveling sendirian sering di cari oleh banyak perempuan. Bagaimana tidak, pelecehan seksual adalah isu yang sangat ditakuti...