Apr 6 2016

Gunung “Paling” Sulit Didaki di Dunia, & No 1 Paling Extreme

Gunung “paling” sulit didaki di dunia, & no 1 paling extreme mungkin harus Anda coba, jika Anda pendaki gunung sejati pasti Anda sudah tau nama-nama gunung dari deretan gunung paling sulit didaki di dunia berikut ini:

5. Nanga Parbat
Nanga Parbat merupakan gunung yang termasuk kedalam gunung tertinggi di dunia yang memang sangat pantas di kelaskan sebagai deretan gunung paling sulit didaki di dunia. Nanga Parbat yang disebut juga “Naked mountain, (Gunung Telanjang)” ini memiliki tinggi permukaan dinding disisi selatan 4.600meter, dan itu adalah salah satu dinding tertingi di dunia.

Gunung "Paling" Sulit Didaki di Dunia, & No 1 Paling Extreme

Pendaki yang telah kesulitan untuk mencapai puncak gunung Nanga parbat akhirnya memberinya julukan dengan nama “Man Eater (Pemakan Manusia)”. Karena memang gunung Nanga Parbat telah memakan korban sebanyak 31 pendaki sebelum akhirnya berhasil ditaklukan oleh Herman Buhl, yakni pendaki yang berasal dan Ausria pada tahun 1953.

4. K2 (Godwin Austin)
Dikenal juga dengan sebutan Mt. Godwin Austin, mengapa gunung ini termasuk kedalam deretan gunung paling sulit didaki di dunia ? Karena gunung ini merupakan gunung yang memiliki puncak ketinggian tertinggi ke-2 di dunia, dan telah terdaftar dalam gunung yang memiliki puncak paling berbahaya untuk di daki. Sampai saat ini, K2 telah menyebabkan kematian sekitar 19,7% sejak tahun 1990.

Gunung "Paling" Sulit Didaki di Dunia, & No 1 Paling Extreme

Gunung yang memiliki kemiripan dengan gunung Everest, secara teknis, lajur yang digunakan oleh pendaki untuk menuju puncak sangatlah sulit, karena pendaki harus mampu menghadapai rintangan berbahaya yang disebabkan oleh gletser, seracs dan juga pilares.

Baca juga: Uji nyalimu di petualangan Off-Road Lembang Bandung

Komposisi kebekuan pada K2 memang tidak jarang mengakibatkan kecelakan pendaki, hal yang biasanya terjadi adalah longsoran dan runtuhan salju yang kapan saja bisa terjadi dan menghantam atau membawa hanyut pendaki dalam gulungan salju. Selain daripada itu, sesuatu yang membuat pendaki tertantang adalah dengan perubahan cuaca yang sering kali berubah-ubah dan tidak terduga.

3. Kangchenjunga
Ketika tingkat kecelakan pendaki gunung diseluruh dunia semakin menurun dikarenakan semakin modernnya teknik dan juga alat-alat pendakian, ternyata berbeda hal dengan kisah dari gunung Kangchenjunga ini. Angka kematian para pendaki gunung di Kangchenjunga tetaplah tinggi, bahkan telah tercatat kenaikan korban sebanyak 22% dalam beberapa tahun terkahir.

Gunung "Paling" Sulit Didaki di Dunia, & No 1 Paling Extreme

Hal tersebut berakibat dari cuaca yang hampir mustahil untuk di prediksi, seperti longsoran salju, dan permukaan es yang tidak bisa ditebak.

Karena tingkat kematian yang tidak turun di gunung Kangchenjunga, bahkan cenderung naik. Maka layakalah jika gunung Kangchenjunga dimasukan kedalam deretan gunung paling sulit di daki di dunia.

2. The Eiger
Gunung yang berlokasi di Bernese Alps yang telah dikenal di negara swiss, khususnya di sisi utara. Gunung yang memiliki rintangan sulit dibagian utara ini telah membuat para pendaki kesulitan untuk menaklunya. Pendaki telah memberinya julukan “Dinding Kematian” atau “Morwand”.

Gunung "Paling" Sulit Didaki di Dunia, & No 1 Paling Extreme

Mendaki gunung yang sangat dingin ini tidaklah cukup hanya dengan keberanian saja, namun pendaki juga harus mempersiapkan kondisi tubuh yang benar-benar sehat dan memiliki keterampilan teknis yang sangat lihai. Karena tanpa keterampilan khusus, akan sangat mustahil bila pendaki akan sangup untuk menaklukan sisi utara Eiger.

1. Annapurna
Catatan pendaki yang tewas sebagai korban dari kejamnya gunung Annapurna adalah 53 pendaki sejak didaki mulai tahun 1950, dan hal tersebut sudah sangat cukup untuk membuktikan bahwa gunung ini memang pantas dimasukan kedalam deretan gunung paling sulit di daki di dunia. Total dari banyaknya pendaki yang pernah mencapai puncak Annapaurna tidaklah banyak, hanya 130 pendaki.

Gunung "Paling" Sulit Didaki di Dunia, & No 1 Paling Extreme

Walaupun memiliki peringkat ke-10 gunung tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.901meter, mengacu pada statistik, gunung Annapurna telah terkenal memiliki rasio kematian tertinggi untuk kelompok dengan ketinggian diatas 8.000meter

Baca juga: Pergilah ke Bukit Moko Bandung & Lihat Eksotisnya “CityLigth”

Meskipun sangat sulit untuk didaki, namun dengan semakin membaiknya standar keselamatan pendakian gunung di dunia. Sejak tahun 1990, angka kematian pendaki di Annapurna telah menurun hingga 19,7%.

Jadi, pembaca sejati travel.Ijomuda, dari deretan gunung “paling” sulit didaki di dunia, mulai dari gunung Annapurna sampai gunung Nanga Parbat, gunung mana dulu yang akan Anda taklukan ?

  • 5 Gerai McDonald’s Paling Unik di Dunia

    Pasti sering dong yah merasa kelaparan saat diluar rumah? kebanyakan orang suka melampiaskannya ke gerai-gerai atau restoran cepat saji yang udah mereka...

  • Romantisme Senja di Hutan Mangrove Pantai Congot

    Hutan mangrove pantai congot ini merupakan salah satunya di Yogyakarta. Sehingga tidak heran kalau hutan mangrove pantai congot ini menjadi daya tarik...

  • Lima Gua Paling Spektakuler Di Dunia

    Gua ternyata menyimpan sebuah ragam keindahaan yang luar biasa yang akan membuat mata Anda kagum dan tidak berhenti mencari. Dengan bentuk dan...

  • Pesona Air Terjun Coban Grojogan Sewu Malang Yang Memukau

    Travel.Ijomuda.com – Air terjun Grojogan Sewu Malang ini merupakan objek wisata favorit diwaktu libur tiba. Lokasi dari air terjun ini terletak 37...