Nov 4 2015

Destinasi Wisata Desa Budaya Kampung Naga

Travel Ijomuda,- Bagi anda yang sudah penat kehidupan diperkotaan dan ingin mencoba ingin mendapatkan suasana keheningan dan ketentraman, anda bisa meluangkan beberapa hari untuk pergi travelling ke salah satu desa di jawa barat yang masih menjunjung tinggi budaya dan tetap menjaga adat istiadat nenk moyang serta senantiasa memelihara alam yaitu Kampung Naga yang letaknya di desa neglasari, kecamatan salamu Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat. Lokasi ini tidak jauh dari jalan raya yang menghubungkan kota garut dan tasikmalaya, nanti dipinggir jalan ada tugu yang bertuliskan Kampung naga.

Destinasi Wisata Desa Budaya Kampung NagaKampung Naga

Kampung naga adalah salah satu perkampungan yang dihuni oleh masyarakat yang beragama islam dan masih memegang teguh adat istiadat nenek moyangnya yang tidak dipengaruhi oleh budaya luar. Desa ini merupakan salah satu tempat wisata yang cocok untuk melakukan riset antropologi mengenai kehidupan masyarakat pedesaan sunda yang dalam proses peralihan pengaruh budaya hindu menuju islam di provinsi Jawa Barat.

Kampung yang mempunyai luas 1,5 hektar ini masih terjaga akan kelestariannya, yang tidak sama sekali terpengaruh oleh modernisasi seperti perkampungan lainnya. Sungguh mengingatkan kembali pada saat indonesia zaman dahulu yang masih hijau dan budaya-budaya asli yang masih kental.

Destinasi Wisata Desa Budaya Kampung NagaKampung naga hanya dihuni oleh 311 orang dan 111 rumah yang tidak boleh lebih dari jumlah tersebut. Rumah dikampung ini yang terbuat dari bambu dan kayu, sedangkan untuk atapnya terbuat dari daun nipah dan daun kelapa, serta alasnya terbuat dari bambu yang dirangkai dengan kerajinan tangan warga. Semua warga di kampung naga bermata pencaharian sebagai petani, peternak, dan ada juga sebagai pengrajin souvenir.

Ketika anda mulai memasuki kawasan kampung ini, maka sorot mata anda akan terpesona melihat keindahan pohon-pohon yang begitu banyak dan begir tinggi menjulang, serta pesawahan yang luas, terdapat juga sungai yang panjang dan jernih. Suasana yang bertolak belakang dengan diperkotaan. Ada tradisi yang cukup menarik yang bisa dijadikan renungan oleh kita semua yaitu warga di kampung naga tidak boleh menggunakan peralatan elekronik dan semua kegiatan yang berlangsung masih dikerjakan secara manual. Namun begitu warga-warga di kampung ini tetap berjalan harmonis dengan segala kesederhanaannya.

Destinasi Wisata Desa Budaya Kampung NagaDi kampung naga juga disediakan tempat-tempat yang menjual berbagai macam souvenir untuk para wisatawan yang ingin membeli kenang-kenangan atau sekedar buah tangan untuk dibagikan ke kerabat atau keluarga, semua souvenir tersebut asli hasil dari kerajinan para warga.

Tips Untuk Berkunjung Ke Kampung Naga

1. Gunakanlah jasa pemandu wisata lokal, karena ada beberapa larangan dan tempat keramat yang tidak boleh diambil foto.

2. Bagi anda yang ingin menginap di kampung naga, diharapkan sebelumnya memberitahukan dulu pada kuncen.

3. Jagalah kesopanan ketika anda berkujung ke kampung naga, karena sudah menjadi ketentuan adat istiadat.

4. Bagi yang membawa peralatan elektronik seperti ponsel atau kamera, isi penuh terlebih dahulu atau anda bisa membawa battery cadangan atau power bank.

5. Bagi anda yang ingin travelling dan ingin tahu suasana kampung naga dihimbau untuk tidak datang pada hari selasa, rabu, dan sabtu. Hari tersebut dilarang oleh kepala desa untuk berkunjung ke desa karena ada acara adat yang tidak boleh dikunjungi warga luar kampung.

  • 5 Gerai McDonald’s Paling Unik di Dunia

    Pasti sering dong yah merasa kelaparan saat diluar rumah? kebanyakan orang suka melampiaskannya ke gerai-gerai atau restoran cepat saji yang udah mereka...

  • Romantisme Senja di Hutan Mangrove Pantai Congot

    Hutan mangrove pantai congot ini merupakan salah satunya di Yogyakarta. Sehingga tidak heran kalau hutan mangrove pantai congot ini menjadi daya tarik...

  • Lima Gua Paling Spektakuler Di Dunia

    Gua ternyata menyimpan sebuah ragam keindahaan yang luar biasa yang akan membuat mata Anda kagum dan tidak berhenti mencari. Dengan bentuk dan...

  • Pesona Air Terjun Coban Grojogan Sewu Malang Yang Memukau

    Travel.Ijomuda.com – Air terjun Grojogan Sewu Malang ini merupakan objek wisata favorit diwaktu libur tiba. Lokasi dari air terjun ini terletak 37...