Nov 17 2015

5 Tempat Wisata Edukasi Di Kota Bandung

Bandung merupakan salah satu tempat wisata favorit warga di berbagai kota, dimulai dari pemandangannya yang indah sampai ke sajian kuliner yang menggoda lidah para penikmatnya. Jadi tidak heran setiap minggunya kota bandung dipadati para traveler atau wisawan dari berbagai pelosok daerah. Selain itu juga di kota yang dijuluki ” Kota Kembang ” ini juga terdapat wisata yang menawarkan edukasi bagi setiap pengunjungnya, yang sangat cocok dijadikan tujuan wisata yang ingin menambah pengetahuan dan wawasan serta sangat baik untuk yang hendak membawa anak-anak untuk liburan.

Diantara banyaknya tempat wisata yang ada di kota bandung, ada 5 tempat wisata edukasi yang kami rekomendasikan kepada anda yang sangat cocok untuk dijadikan referensi liburan anda. Sebab di tempat wisata ini anda bukan hanya mendapatkan pemandangan yang indah namun anda juga akan mendapatkan ilmu pengetahuan yang baru dan setidaknya menambah wawasan, apalagi bagi anda yang hendak membawa anak sangat cocok sekali di bawa ke tempat wisata ini, karena anak anda bisa bermain sambil belajar serta mendapatkan pengetahuan-pengetahuan yang baru. Dibawah ini ada beberapa pilihan tempat wisata edukasi di kota bandung yang bisa anda pilih untuk dijadikan rencana liburan anda.

Berikut 5 Tempat Wisata Edukasi Di Kota Bandung

1. Observatorium Bosscha

5 Tempat Wisata Edukasi Di Kota BandungUntuk anda yang ingin melihat secara langsung keindahan bintang dan bulan di angakasa anda bisa berkunjung ke Observatorium Bosscha. Bangunan Observatorium Bosscha sendiri sudah berdiri hampir 88 tahun dengan berbentuk seperti kubah ini masih terlihat kokoh. Melalui teropong bintang yang ada dalam gedung anda dapat melihat keindahan luar angkasa yang sangat mempesona. Di tempat ini juga anda akan mendapat pengetahuan dan wawasan seputar informasi astronomi dan mengetahui berbagai cara kerja teleskop untuk mengamati luar angkasa.
Namun yang perlu diperhatikan, untuk dapat berkunjung ke tempat wisata edukasi Observatorium Bosscha harus tau jadwalnya, dan disarankan untuk datang pada saat hendak malam, karena anda bisa melihat bintang dan bulan serta planet-planet lainnya. Berikit Jadwal Kunjungan Observatorium Bosscha

  • Selasa – Jum’at ( khusus rombongan sekolah )
  • Sabtu ( khusus keluarga dan perorangan )
  • Minggu – Senin (Libur)

2. Taman Kupu-Kupu Cihanjuang

5 Tempat Wisata Edukasi Di Kota BandungTempat wisata edukasi selanjutnya terletak di Jl. Cihanjuang No.58 Desa Cibaligo Kecamatan Parongpong Bandung Barat yaitu Taman Kupu-Kupu Cihanjuang. Tempat wisata yang satu ini mensajikan sebuah wahana hiburan sekaligus sarana edukasi yang sangat cocok untuk putera dan puteri anda.

Walaupun tergolong baru, namun tempat wisata ini sudah banyak menyedot para wisatawan yang menyaksikan secara langsung metamorfosis kupu-kupu dari mulai larva hingga sampau kupu-kupu dewasa yang begitu indah. Luas taman yang mencapat 1,7 hektare ini dihuni oleh sekitar 300 kupu-kupu dari 35 spesies yang ditangakarkan setiap harinya. Selain dapat berbagai jenis kupu-kupu yang cantik anda juga dapat merasakan suasana yang sejuk dan hijau ditambah dengan penataan tempat yang begitu apik membuat segala penat dan suntuk anda hilang dengan sekejap.  Harga tiket masuk Taman Kupu-Kupu Cihanjuang terbilang ekonomis yaitu cuma Rp.10.000/orang.

3. Museum Geologi Bandung

5 Tempat Wisata Edukasi Di Kota BandungMuseum Geologi Bandung merupakan bangunan bersejarah yang berada di Kota Bandung, sehingga banyak para wisatawan yang berkunjung setiap harinya. Di tempat ini anda akan mendapatkan pengetahuan baru seputar yang berhubungan dengan bencana alam, bumim pemanfaatan sumber daya yang benar, dan pengolahan energi. Untuk koleksi yang dimiliki Museum Geologi Bandung ini juga tergolong lengkap, meliputi bebatuan, fosil dan mineral serta menyimpan banyak benda menarik lainnya yang tidak bisa ditemukan ditempat wisata lainnya.

Alamat Museum Geologi Bandung ini terletak di Jl.Diponegoro No.57 Kota Bandung dan harga tiket masuknya sebesar Rp. 2.000 (pelajar), Rp.3.000 (wisatawan lokal), Rp.10.000 (wisatawan asing). Museum Geologi Bandung di buka jam 9 pagi – 15.30 pada hari senin – kamis, untuk sabtu & minggu dibuka jam 9 pagi – 13.30. Untuk hari jum’at dan hari libur nasional musium di tutup.

Simak artikel menarik lainnya : Travelling Ekstrim Ke Stone Garden Bandung

4. Jendela Alam

5 Tempat Wisata Edukasi Di Kota BandungArea wisata ini memang dibuat secara khusus untuk memberikan permainan yang asyik sekaligus edukasi tentang alam. Jendela alam ini bukan hanya menawarkan tempat yang asri dan hijau, namun pengunjung juga dapat mengikuti kegiatan pertanian seperti bercocok tanam, pembibitan, peternakan hingga perkebunan, selain pertanian ada juga kegiatan lainnya, seperti memeras susu sapi, menunggang kuda poni, memberi makan hewan, dan masih banyak lagi. Sebagai pusat arena belajar Jendela Alam juga menyediakan program edukasi yang sangat baik dan tempat yang disajikan juga sangat nyaman sehingga patut untuk dijadikan referensi liburan anda.

Untuk para orang tua yang ingin mengajak anak liburan sekaligus memberikan edukasi bisa berkunjung ke Jendela Alam yang terletak di Lembang, Bandung.

5. Saung Angklung Udjo

5 Tempat Wisata Edukasi Di Kota BandungWisata edukasi terakhir yang bisa jadi bahan referensi tujuan hiburan anda yaitu Saung Angklung Udjo. Disana anda akan disuguhkan pertunjukan budaya tradisional serta permainan angklung yang akan membawa anda mengenang masa lalu yang ceria. Di Saung Angklung Udjo selalu menampilkan beberapa pertunjukan seni setiap harinya, yang dimulai pada jam 15.30 sampai dengan jam 17.30. Pertunjukan-pertunjukan tersebut, bukan hanya permainan alat musik angklung saja, namun diisi dengan tarian dan wayang golek. Seni budaya yang senantiasa harus diperkenalkan pada putera-puteri anda agar lebih dapat mencintai budaya asli Indonesia.

Saung Angklung Udjo sendiri beralamat di Jl.Padasuka No.118, jaraknya tidak jauh dari pusat kota Bandung. Sedangakan untuk tiket masuk Saung Angklung Udjo yaitu

  • Dewasa (Wisatawan Lokal) = Rp.60.000
  • Dewasa (Wisatawan Asing) = Rp.100.000
  • Pelajar (Wisatawan Asing) = Rp.40.000
  • Pelajar (Wisatawan Asing) = Rp.60.000
  • Anak-anak dibawah usia 3 tahun = Gratis
  • Cari Tahu Disini Yuk 5 Universitas Paling Angker di Indonesia

    Perkuliahan pada umumnya memang menjadi sesuatu yang paling bahagia bagi para mahasiswanya. Kegiatan asyik, teman-teman yang dewasa tambah seru, pacar dewasa dan...

  • 5 Cara Ampuh Agar Cuti Liburanmu Disetujui Bos

    Cuti merupakan hal yang sebenarnya menjadi hak yang wajib dimiliki oleh semua karyawan di dunia ini. Istilah cuti bisa menjadi salah satu...

  • Tips Berkemas Sebelum Berangkat Travel

    Ada rencana untuk pergi berlibur,? Jika iya, berikut ini ada beberapa tips berkemas sebelum berangkat travel yang perlu Anda ketahui, yakni tentang...

  • Informasi Traveling ke Brasil Saat Olimpiade Rio 2016

    Bagi anda yang berencana untuk melakukan traveling ke brasil saat sedang olimpiade, anda wajib untuk membaca dulu artikel Informasi Traveling ke Brasil...