Aug 5 2016

5 Candi Kuno Bersejarah di Kota Malang

Travel.ijomuda.com – Candi memang salah satu destinasi bersejarah di Indonesia yang sudah populer baik traveler lokal maupun mancanegara. Di Indonesia banyak sekali terdapat candi-candi kuno yang sarat akan sejarah yang tersebar di berbagai tempat, salah satunya di Kota Malang.

Di Kota Malang ini terdapat beberapa Candi Kuno Bersejarah yang bisa Anda kunjungi. Candi-candi ini menyimpan histori yang unik yang menjadi bukti kejayaan kerajaan tempo dulu yang ada di Kota Malang ini. Berikut ini 5 Candi Kuno Bersejarah di Kota Malang :

1. Candi Badut, Desa Karangbesuki

Candi yang dikenal sebagai Candi Liswa ini merupakan candi tertua yang berada di Jawa Timur dan usianya telah hampir lebih dari 1400 tahun. Candi Badut ini dibangun pada masa pemerintahan Airlanga dan diyakini sebagai peninggalan Prabu Gajayana dari Kerajaan Kanjuruhan seperti yang telah tertulis dalam prasasti Dinoyo tahun 760 Masehi.

5 Candi Kuno Bersejarah di Kota Malang

Keunikan yang berbeda di Candi Badut ini menjadi salah satu daya tarik tersendiri untuk para wisatawan berkunjung kesini. Mulai dari pahatan kalamakara tanpa rahang bawah serta bentuk dari candi badut yang lebih mirip dengan candi yang ada di Jawa Tengah. Dinding di Candi ini dihiasi dengan relief burung berkelapa manusia dan peniup seruling.

2. Candi Kidal, Tumpang

Candi lain yang ada di daerah Tumpang ini dibangun pada tahun1248 setelah upacara pemakaman  Raja Anusapati dari Kerajaan Singosari. Candi Kidal ini memiliki arsitektur yang unik dengan perpaduan corak antara Jawa Tengan dan Jawa Timur.

5 Candi Kuno Bersejarah di Kota Malang

Candi Kidal ini dihiasi dengan relief Garudheyayang diambil dari serta Jawa Kuno. Dimana mitos tersebut menceritakan perjuangan seekor garuda yang mencari air amerta demi membebaskan ibunya dari perbudakan. Konon relief yang dibuat di Candi Kidal ini berdasarkan amanat dari Anusapati yang ingin meruwat Ken Dedes, ibu kandungnya.

3. Candi Jago, Tumpang

Candi yang berada daerah Tumpang ini memiliki tempat udara yang sejuk dengan akses menuju lokasinya sangat mudah yang tidak jauh dari pasar Tumpang. Candi Jago ini berasal dari kata jajaghu yang memiliki arti keagungan, Candi jago ini merupakan tempat yang suci dan sakral serta salah satu tempat bersejarah.

5 Candi Kuno Bersejarah di Kota Malang

Keunikan yang terdapat di Candi Jago ini yaitu bentuknya yang berbeda dengan yang lain yaitu bentuknya mirip dengan punden dan barundak. Hampir setiap sisi relief yang ada di Candi Jago ini memiliki cerita perjalanan spritual mengenai Manusia yang divisualkan mirip dengan wayang-wayang. Selain itu juga Candi Jago ini menjadi tempat persemayaman Raja ke empat Kerajaan Singosari, yaitu Raja Rangga Wuni dengan gelar Sri Jaya Wisnu Wardhana.

Baca juga : Berburu Tempat Wisata di Malang

4. Candi Sumberawan, Toyomarto

Candi yang terletak di kaki gunung Arjuna ini memiliki suasanya yang sangat sejuk dan tenang karena lokasinya ditepi rawa yang disertai air yang mengalir disekitar pepohonan. Bentuk Candi Sumberawan ini nggak seperti bentuk candi pada umumnya, hanya berupa kaku dan badan yang berbentuk stupa tanpa tangga untuk naik keatasnya. Candi Sumberawan ini menjadikan satu-satunya candi yang berbentuk stupa yang ada di Jawa Timur.

5 Candi Kuno Bersejarah di Kota Malang

Candi Sumberawan ini diprediksi telah ada sekitar abad 14-15 M pada saat masa kerajaan Majapahit. Menurut kisah yang beredar di masyarakat, pada waktu itu Raja Hayam Wuruk dari Majapahit pernah berkunjung ke lokasi tersebut, lalu ia menemukan beberapa sumber mata air yang memiliki aura yang tinggi, maka dibangunlah Candi Sumberawan ini.

5. Candi Singosari, Candirenggo

Candi yang terletak di desa Candirenggo, Kecamatan Singosari, Malang ini merupakan salah satu peninggalan dari kerajaan Singosari. Diperkirakan Candi Singosari ini dibangun pada tahun 1300 M sebagai tempat pendharmaan raja terakhir Singosari yaitu Kartanegara, seperti yang tertulis di Kitab Negarakertagama dan Prasasti Gajah Mada. Raja Singosari meninggal dunia pada tahun 1292 akibat dari istananya diserang oleh tentara Gelang-gelang yang dipimpin oleh Jayakatwang.

5 Candi Kuno Bersejarah di Kota Malang

Candi Hindu-Budha peninggalan bersejarah kerajaan Singosari ini awalnya diberi nama Candi Menara oleh pihak Belanda karena bentuknya menyerupai menara. Dari segi arsitekturnya Candi Singosari ini memiliki keunikan yang seolah-olah memiliki dua tingkat bangunan dan hiasan luar candi yang seharusnya rata menandakan bahwa candi ini tidak pernah dibangun hingga benar-benar selaesai.

Itulah sebagian dari wisata sejarang yang bisa Anda temui di Kota Malang ini. Jadi, bilamana Anda sedang mencari tempat liburan sambil mempelajari sejarah kuno Anda bisa berkunjung ke 5 Candi Kuno Bersejarah di Kota Malang ini.

  • 5 Gerai McDonald’s Paling Unik di Dunia

    Pasti sering dong yah merasa kelaparan saat diluar rumah? kebanyakan orang suka melampiaskannya ke gerai-gerai atau restoran cepat saji yang udah mereka...

  • Romantisme Senja di Hutan Mangrove Pantai Congot

    Hutan mangrove pantai congot ini merupakan salah satunya di Yogyakarta. Sehingga tidak heran kalau hutan mangrove pantai congot ini menjadi daya tarik...

  • Lima Gua Paling Spektakuler Di Dunia

    Gua ternyata menyimpan sebuah ragam keindahaan yang luar biasa yang akan membuat mata Anda kagum dan tidak berhenti mencari. Dengan bentuk dan...

  • Pesona Air Terjun Coban Grojogan Sewu Malang Yang Memukau

    Travel.Ijomuda.com – Air terjun Grojogan Sewu Malang ini merupakan objek wisata favorit diwaktu libur tiba. Lokasi dari air terjun ini terletak 37...